mengenal apa itu ERP yang dikembangkan dari MRP


ERP Adalah pengembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang kemudian  berevolusi dari MRP di tingkat sebelumnya. Kinerja dari Sistem ERP ini secara umum biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa sistem ini nanti akan membantu dalam proses mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia. Sangat membantu dan aman tentunya. Oleh karena itu sistem ini semakin banyak diminati oleh para pengusaha baik dari kalangan kecil hingga kalangan yang bermodal besar. Dalam sejarah penggunannya, ERP hanya dapat mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Hal ini membuat ERP disebut dengan black office.  Berbeda dengan Front Office System yang dapat langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain.

Istilah ERP sendiri diciptaan pada tahun 1990 oleh Gartner Group. Meskipun  konsep sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Namun  Saat itu, konsep ini hanya diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Pengembang software hanya membuat program untuk memantau inventaris, merekonsiliasi saldo, dan melaporkan status saja. Karena memang teknologi zaman itu belum sebesar dan semaju sekarang. Kemudian  pada sekitar tahun 1970, program ini  berevolusi menjadi Material Requirements Planning (MRP) untuk melakukan penjadwalan proses produksi. Selanjutnya pada tahun 1980-an, MRP dikembangkan lagi guna mencakup lebih banyak proses manufaktur, sehingga namanya kemudian diubah menjadi MRP-II atau Material Resource Planning. Terus berkembang pada tahun 1990, sistem ini telah memiliki lebih banyak fungsi baik di luar manajemen inventaris dan proses operasional hingga ke fungsi-fungsi lain seperti keuangan, permesinan, manajemen proyek, dan SDM. Baru pada tahun ini nama ERP adalah pertama kalinya dicetuskan dan digunakan.

ERP adalah perangkat lunak terbaik  karena seperti yang diketahui ERP dapat memberikan perkiran bisnis yang akurat. Tentu bagi kemajuan bisnis a prakiraan (forecast) yang tepat adalah sesuatu yang sangat wajib bagi setiap pengembang. Dalam menghadapi kepentingan sebuah perusahaan sangat bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan yang akan mereka ambil. Oleh sebab itu, sangatlah penting dalam dunia bisnis untuk mendapatkan laporan yang realtime, lengkap, serta konsisten. Dan dengan menggunakan ERP, semua itu dapat dilakukan dengan satu perangkat lunak. Hal ini dikarenakan laporan dalam sistem ERP  yang menggunakan filter dan analitik yang canggih sehingga bisa menyaring ketidak konsistenan pada data yang ada. Sistem ini juga memastikan bahwa data yang diperoleh dihasilkan pada waktu yang sebenar-benarnya. Laporan bisnis yang akurat akan membantu pemangku kepentingan guna mendapatkan keputusan yang terbaik bagi bisnis mereka.

Yang membuat ERP mnjadi software terbaik adalah karena mobilitasbya yang tinggi. Dengan sistem Cloud yang dimiliki ERP memungkinkan Anda untuk mengawasi bisnis baik di mana saja dan kapan saja. Karena ERP jenis ini berbasis website. Dengan basis website ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses sistem melalui browser yang didukung. Jadi  anda sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor untuk melihat berbagai data yang Anda inginkan, sebab Anda bisa mengaksesnya dari telepon seluler atau tablet Anda. Sangat memudahkan bukan, bagi anda yang memiliki perusahaan kecil-kecilan anda dapat menggunakan ERP ini. Karena perangkat lunak ini sudah sangat fungsional dan memudahkan bagi anda yang super sibuk.

ERP adalah perangkat lunak terbaik yang dapat digunakan untuk mengawasi, memantau dan mengontrol sistem serta kinerja keuangan anda. Karena dengan ERP ini anda sudah dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja sehingga anda tidak perlu repot datang ke kantor setiap waktu.
Latest
Previous
Next Post »