Apakah Air Cooler Memiliki Efek Samping Dalam Pemakaian

Air Cooler merupakan alternatif bagi Anda yang ingin memiliki alat pendingin ruangan. Karena Air Cooler ini lebih irit daya listriknya dibandingkan Air Conditioner dan juga dari segi harga Air Cooler lebih rendah daripada Air Conditioner.
Meskipun begitu, penggunaan Air Cooler memiliki efek samping jika dipakai dengan cara yang tidak benar. Malah hal tersebut bisa membuat mesin Air Cooler jadi lebih cepat rusak. Apa sajakah efek samping yang dihasilkan oleh Air Cooler yang digunakan tidak pada semestinya? Simak artikel berikut.
1.    Mengganggu sistem pernapasan

Air cooler prinsipnya hampir sama dengan air conditioner dimana sama sama menyemprotkan partikel air untuk mendinginkan udara. Namun penggunaan air cooler pada tempat tertutup akan mengganggu sirkulasi udara sehingga tak jarang akan menyebabkan beberapa gangguan pernapasan seperti asma, sesak napas, dan flu. Bahkan tidak jarang banyak orang yang menggunakan air cooler tidak benar tersebut memiliki flek pada paru – paru, hal tersebut sangatlah parah dan tidak bisa dianggap remeh.
2.    Dapat menyebabkan alergi

Air cooler memiliki beberapa bagian yang harus selalu diperhatikan seperti tangki penyimpanan air. Apabila tempat tersebut kotor dan jarang dibersihkan, maka air yang ada di dalamnya akan menyimpan banyak kuman sehingga seseorang yang menghirup udara dari alat tersebut akan sangat mudah untuk terserang penyakit. Salah satu penyakit yang biasa disebabkan oleh kurangnya perawatan alat tersebut yakni dapat menyebabkan alergi pada tubuh.
3.    Mempermudah perkembangbiakan bakteri

Air cooler menggunakan air untuk mendinginkan suhu disekitarnya, oleh karena itu alat ini tidak dapat digunakan dalam kondisi di dalam ruangan. Pemakaian air cooler pada ruangan tertutup akan menyebabkan tempat tersebut menjadi lembab yang berlebihan. kelembaban yang terlalu parah akan menyebabkan bakteri sangat mudah untuk berkembang biak. Perkembangbiakan bakteri akan memudahkan seseorang menderita penyakit berbahaya.
4.    Dapat membuat alat elektronik rusak

Salah satu bahaya menggunakan air cooler yang tak banyak orang tahu yakni dapat merusak alat elektronik. Sifat alat tersebut yang cenderung menjadikan ruangan menjadi lembab ternyata juga akan mempersingkat umur dari peralatan elektronik. Hal ini dikarenakan peralatan listrik tidak dapat disimpan pada tempat yang basah, melainkan harus disimpan pada tempat yang kering dan aman dari hujan.
5.    Kondisi ruangan yang bau dan sumpek

Salah satu bahaya air cooler adalah membuat ruangan menjadi bau dan sumpek. Alat ini sebenarnya sangat efektif apabila digunakan pada ruangan terbuka yang cukup udara seperti taman, halaman rumah, dan lapangan. Namun apabila digunakan dalam ruangan justru akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada peralatan dan pakaian yang ada di ruangan tersebut. Kondisi bau yang sangat menyengat biasanya akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
6.    Mengurangi oksigen dalam ruangan

Air cooler memang sangat tidak cocok digunakan dalam ruangan apalagi jika digunakan dalam jangka panjang. Pemakaian yang tidak tepat semacam itu akan menyebabkan oksigen dalam ruangan tersebut menjadi berkurang dan keseimbangan tubuh menjadi menurun serta mudah terserang penyakit pernapasan seperti sesak napas, asma, masuk angin, flu, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu untuk mendinginkan suhu dalam ruangan sebaiknya menggunakan Air Condiitoner.
Itulah merupakan 6 bahaya air cooler bagi kesehatan dan lingkungan. Sebaiknya jangan menggunakan alat tersebut pada ruang tertutup, karena air cooler hanya efektif digunakan pada tempat terbuka dan memiliki ventilasi yang cukup lebar. Penggunaan alat yang salah akan menyebabkan berbagai masalah, baik itu pada lingkungan dan diri sendiri.

Latest
Previous
Next Post »