Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

 ibu hamil dik.my.id

Jika ibu hamil tidak bisa tidur, maka tubuhnya dia tidak akan bisa berfungsi optimal. Ibu hamil akan mudah terserang flu, penyakit dan gejala depresi. Tidur nyenyak saat hamil bukanlah tugas yang mudah. Ketidaknyenyakan dalam tidur mungkin saja karena belum menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Nah, bagi anda ibu hamil yang belum bisa tidur nyenyak, ikutilah posisi yang baik dalam tidur berikut ini!
Begini Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil yang Tepat!
Pada tahap awal kehamilan, payudara Anda mungkin terasa empuk. Pada saat Anda mencapai trimester ketiga, payudara dan perut Anda jauh lebih besar dari biasanya. Tidur di perut Anda tidak berbahaya, tapi bisa sangat sulit dan tidak nyaman. Hindari tidur telentang saat Anda sedang hamil. Ini menempatkan semua beban rahim yang tumbuh pada otot punggung, usus dan pembuluh darah utama Anda. Posisi tidur seperti ini bisa menyebabkan sakit punggung, wasir, gangguan pencernaan, masalah tekanan darah dan gangguan sirkulasi.
Berbaringlah di sisi kiri Anda merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Hal ini meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke bayi dan membantu ginjal membersihkan tubuh dari limbah dan cairan. Akibatnya, Anda mungkin sedikit bengkak di kaki dan tangan Anda. Berbaring di sisi kanan juga tidak akan membahayakan Anda atau bayi Anda, tapi kurang bermanfaat daripada berbaring di sebelah kiri Anda.
Saat Anda tidur, kemungkinan Anda akan mengubah posisi, bergulir dari satu sisi ke sisi lain atau ke punggung Anda. Ini baik-baik saja. Jangan jaga diri Anda terjaga karena takut Anda tidak sengaja terbaring telentang. Jika Anda menghadapi komplikasi kehamilan seperti persalinan prematur, masalah preeklamsia atau plasenta, anda harus meminta saran dari dokter untuk tidur nyenyak dan nyaman.
Bantal
Bantal akan menjadi salah satu faktor terbesar Anda dalam pencarian tidur yang nyenyak. Terapis pijat mengatakan dukungan bantal adalah kunci todur terbaik. Letakkan bantal untuk menopang perut dan di antara kedua lutut. Itu bisa menjadi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Bantal kecil akan membuat punggung sejajar dengan menopang perut dan kaki. Selipkan bantal di antara lutut yang tertekuk untuk menekan punggung bagian bawah dan membuat tidur nyenyak lebih nyaman.
Bantal berbentuk wedge juga membantu perut Anda. Geser satu di bawah perut Anda saat Anda berbaring miring dan langsung menyelaraskan punggung untuk mencegah berguling ke depan serta menarik leher dan punggung Anda. Anda juga bisa menggunakannya untuk menjaga agar kepala Anda lebih tinggi dari pada dada untuk meringankan dan mencegah mulas dan sesak napas.

Previous
Next Post »