Solusi Cepat Miliki Rumah Bagi Kamu Pengantin Baru



Bagi pengantin baru, memiliki rumah sendiri adalah impian kamu dan pasangan. Ada banyak cara cepat memiliki rumah untuk pengantin baru. Tapi realitanya, harga rumah di Jakarta dan uang muka (DP) dan cicilan rumah biasanya masih cukup tinggi. Akhirnya kamu dan pasangan pun terpaksa mengurungkan niat untuk menggapai impian tersebut. Padahal, kalau kamu bersungguh-sungguh berniat untuk cepat memiliki rumah sendiri, sebetulnya menabung untuk membeli rumah juga bisa kamu lakukan. Menabung memang merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mewujudkan impian membeli rumah. Ada banyak cara cepat memiliki rumah untuk pengantin baru. Berikut ulasannya.

MENGGELAR PESTA PERNIKAHAN YANG SEDERHANA
Sudah bukan rahasia lagi, biaya pesta pernikahan di Indonesia selalu naik setiap tahunnya. Dan tidak jarang pula para pasangan berlomba-lomba untuk membuat pesta pernikahan yang semeriah mungkin. Tapi, ada baiknya jika kamu dan pasangan membuat pesta pernikahan yang sederhana saja. Hal tersebut tentunya demi menabung untuk membeli rumah impian di masa depan kelak. Sedikit berbeda daripada yang lain tidak ada salahnya. Biaya pesta pernikahan yang mencapai puluhan juta, baiknya dialokasikan untuk biaya uang muka (DP) membeli rumah saja. Kalau masih bersisa, bisa juga digunakan untuk melunasi cicilan rumah tersebut.

 MENABUNG 20% DARI PENGHASILAN PER BULAN
Selain itu, setiap kamu mendapatkan penghasilan bulanan kamu di awal bulan, cobalah untuk menyisihkan 20% dari penghasilan per bulan untuk menabung. Pastikan juga kebutuhan lain sudah dialokasikan dengan baik. Misalnya, gaji kamu Rp 4 juta per bulan. Sisihkan sekitar Rp 800.000 per bulan, sehingga dalam 24 bulan sudah terkumpul  Rp 19,2 juta. Dana tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menambah biaya uang muka (DP) rumah. Gunakan tabungan deposit agar kamu bisa menabung dengan disiplin dan rutin pada setiap bulannya. Dengan begitu kamu tidak akan merasa seperti sedang menabung karena uang akan langsung ditarik atau di depositkan pada setiap awal bulan ketika kamu mendapatkan penghasilan bulananmu

MENGURANGI BIAYA HIBURAN DAN HURA - HURA
Memiliki rumah sendiri akan terasa kurang jika tidak dilengkapi dengan perabotan rumah tangga. Tentunya kamu tidak hanya memerlukan rumah, tapi juga perabotan-perabotan rumah tangga untuk menunjang kehidupan kamu. Untuk membeli perabotan rumah tangga, ada baiknya kamu mulai mengurangi biaya hiburan kamu seperti biaya untuk makan dan hang out di kafe, biaya menonton di bioskop, dan lain-lain. Biaya hiburan tersebut sebaiknya dialokasikan untuk membeli perabotan rumah tangga. Misalnya, biaya untuk makan dan hang out di kafe mencapai Rp 100.000. Jika sebulan kamu bisa 3x ke cafe, hitung berapa biaya yang bisa kamu simpan selama misalnya 6 bulan. Totalnya adalah Rp 1,8 juta. Jika kamu konsisten, setidaknya kamu bisa membeli kasur, sofa, atau kitchen set. Meskipun memang agak sulit pada awalnya kamu pasti bisa melakukannya bila sudah terbiasa. Tidak perlu langsung menghentikan semuanya begitu saja. Kamu bisa berpergian sesekali hanya untuk menghilangkan jenuh, namun tetapkan batasanmu sendiri. Ingat kamu harus menaklukan harga rumah di Jakarta yang makin tinggi.

MEMBELI RUMAH DI DAERAH AGAK PINGGIRAN
Semakin strategis lokasi rumah, maka semakin mahal pula harganya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai melirik rumah-ruma di lokasi atau daerah agak pinggiran. Maksudnya, yang memiliki lokasi cukup strategis tapi tidak begitu dekat dengan pusat perkotaan sehingga harganya pun tidak terlalu mahal. Jika kamu jeli, ada banyak perumahan yang letaknya di daerah pinggiran tetapi lokasinya masih relatif mudah dijangkau. Jangan malas untuk mencari informasi dari teman, saudara, atau kerabat kamu tentang lokasi rumah-rumah murah incaran para pengantin baru.

MEMBELI RUMAH TUMBUH
Konsep Rumah Tumbuh yaitu rumah yang dapat dimodifikasi atau diperluas secara bertahap sesuai dengan kebutuhan kamu. Rumah tumbuh menjadi pilihan yang sangat ideal untuk pengantin baru. Sejumlah pengembang mencantumkan keterangan ‘rumah tumbuh’ pada properti yang ditawarkannya.  Jadi apabila kamu membeli rumah dari pengembang yang menawarkan konsep rumah tumbuh, kamu bisa membangun kembali rumah ketika kebutuhan meningkat ataupun anggota keluarga bertambah. Perencanaan ini tentunya harus juga diimbangi dengan kesiapan finansial yang matang. Kamu bisa mencari suntikan dana apabila kebutuhan sudah mendesak, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan pinjaman pribadi dari bank ketika ingin membangun rumah.

Memiliki rumah setelah menikah atau setelah memiliki pasangan merupakan sebuah keharusan. Menata masa depan sejatinya memang harus dilakukan sedini mungkin. Kita tentu sudah sangat paham sekali bila harga rumah di Jakarta saat ini semakin tinggi dan meningkat pada tiap tahunnya. Bila kita terus menunda menabung dan membuat rencana untuk menata masa depan maka akan semakin lama pula impian kita untuk emiliki tempat tinggal yang nyaman terwujud. Oleh karena itu jangan pernah menunda untuk membuat rencana dan menjalankan planning yang sudah kamu buat sedemikian rupa.
Latest
Previous
Next Post »