Meninjau Bunga yang Berlaku pada KPR Rumah Dijual Murah




Ketika ada rumah dijual murah, ingin rasanya cepat membeli. Tapi, bagaimana kalau dana masih kurang? KPR merupakan solusi yang tepat. Rendahnya pengetahuan mengenai perbankan bisa membuat orang kemudian rancu mengenai KPR dan urusan perbankan lainnya. Dalam KPR misalnya, anda wajib tahu apa itu bunga fixed dan bunga floating.
Dalam bank konventional menerapkan kedua skema bunga tadi. Yakni jika semisal anda mengambil kpr di bank konvensional maka dala janga 2 tahun pertama biasanya bank akan menerapkan bunga fixed. Kemudian di tahun ke 3 dan setelahnya akan menggunakan bunga floating. Berbeda dengan bank konvensional, perbankan syariah hanya menggunakan bunga yang fixed.
Baik dari tahun pertama hingga tahun terahir. Lalu apa itu bunga fixed dan bunga floating? Bunga fixed ialah bunga yang ditentukan di depan dan akan tetap sama selama jangka waktu pengambilan kredit. Bunga floating ialah bunga yang bisa berubah besarannya berdasarkan suku bunga acuan tahun tertentu. 
foto hanya ilustrasi
Jika suku bunganya rendah maka bunga KPR anda tahun itupun bisa rendah. Dan sebaliknya. Jika suku bunga acuannya tinggi bunga kpr anda akan tinggi. Banyak rumah dijual di murah daerah Jakarta yang menawarkan keduanya. Tinggal anda sebagai konsumen yang bijak memilihnya. Namun demikian jumlah dp tidak bisa dinego layaknya bunga. Dp itu tetap fixed dan ditentukan oleh OJK bersama dengan bank indonesia.
Nah, setelah tahu, maka anda Harus dihitung berapa cicilan saat bunga fixed dan bunga floating. Dengan begitu, tidak kaget ketika cicilan naik karena bunga floating sedang tinggi. BI Rate dari suku bunga Sertifikat Bank Indonesia 12 bulan. Namun, terhitung sejak Agustus 2016, yang menjadi acuan adalah BI 7-day Reverse Repo Rate. Nah, sedangkan besaran bunga bank yakni jatuh pada 3 hingga 5 persen. Maka jangan hanya ikut jika bunganya lebih dari itu.
Selau coba cek suku bunga acuan dari bank untuk menghindari salah hitung. Karena yang anda kalkulasi yakni uang yang terbilang besar. Selain itu antara kuartal pertama kedua dan selanjutnya maka suku bunga acuan bisa sangat berbeda. Karenanya diperlukan update jika anda benar ingin ber KPR. Jangan sampai tercekik dengan acuan bunga yang sudah tinggi ditambah kemalasan anda dalam spekulasi.
Bagi Anda yang sudah tidak sabar lagi ingin segera pindah rumah dan mencari rumah dijual murah di berbagai wilayah Indonesia, bisa memanfaatkan urbanindo.com. Dengan begitu, pencarian rumah Anda bisa lebih cepat.


Previous
Next Post »