Simak Strategi Paling Jitu Menabung Untuk Membeli Rumah Di Jakarta



 Salah satu kebiasaan buruk kaum milenial saat ini ialah sifat malas dan sering menunda pekerjaan, sehingga menjadi penghambat kesuksesan. Hal ini pun berlaku untuk urusan investasi. Pola hidup yang konsumtif dan kurangnya minat untuk memiliki prioritas finansial turut memperburuk citra kaum milenial akan masalah finansial, semakin jauh pula mereka untuk mendapatkan kebebasan finansial atau financial freedom di masa mendatang. Salah satu contoh yang paling sering ditemukan ialah menunda untuk membeli rumah. Kamu tentu tau bila saat ini harga rumah di Jakarta semakin tinggi dan tidak dapat diprediksikan waktu kenaikannya. Padahal inevestasi properti dalam bentuk rumah sangat menguntungkan. Dengan kenaikannya yang cukup besar setuap tahun tidak akan membuat kamu rugi menjalankan investasi ini. Hanya dalam waktu 2 hingga 5 tahun saja kamu sudah bis amendapatkan keuntungan berlipat – lipat dari nilai jual rumah saat ini.

Lantas apa lagi yang membuat investasi rumah sering ditunda. Tidak jarang masalah modal dan budget dijadikan sebagai alasan yang seing diungkaokan. Tapi bila kamu pikirkan dengan baik, sebenarnya saat ini membeli rumah sudah bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan karena masalah uang. Ada program rumah subsidi dan KPR yang bisa kamu manfaatkan. Belum lagi baru – baru ini pemerintah mengumumkan penurtunan uang muka minimum untuk membeli properti yang satu ini. Tugas kamu hanya tinggal mengumpulkan uang untuk uang muka tersebut. Bagaimana caranya ? simak ulasannya di bawah ini

Buat Tujuan Yang Terarah
Ketika kamu memiliki tjuan yang jelas maka kamu akan semakin terarah serta besungguh – sungguh untuk fokus mewujudkan keinginanmu tersebut. Oleh karena itu bila niat menabung mengumpulkan uang untuk membeli rumah, sejak awal tetapkn niatmu dan fokus untuk tujuan tersebut. Selain itu tujuan yang sudah kamu tetapkan harus dapat diukur pencapaiannya. Kamu bisa menuliskan tujuan yang dapat kamu capai dan menempelkannya di area rumah yang mudah kamu lihat agar kamu selalu ingat dan termotivasi untuk menabung dan mewujudkannya.

Tentukan Nominal
Jelaskan dan tentukan besaran nominal tabungan yang akan kamu kumpulkan. Perhitungkan angkan nominal yang proposional dan relistis. Hindari untuk menargetkan nominal uang terlalu tinggi, karena hal ini tidak mungkin kamu capai, kamu akan merasa malas untuk menabung du kemudian hari. Misalnya dengan harga rumah di Jakarta yang paling rendah umumnya berkisar Rp. 150 juta, hitung dengan uang muka yang ditetapkan pemerintah sebesar 15 % maka tabungan yang harus kamu kumpulkan ialah sebanyak Rp. 22.500.000. atau misalnya dengan menentukan nominal tabungan rutian secari berkala, mulai dari tabungan perhari, atau per minggu.

Lunasi Utang
Bila kebetulan kamu masih memiliki tunggakan kredit gadget atau meminjam uang kepda temanmu sebaiknya targetkan terlebih dahulu untuk menabung membayar semua utang tersebut agar jalan yang kamu lakukan untuk menabung membeli rumah tidak dapat diganggu oleh hal – hal semacam ini pada saat pertengahan jalan. Bila kamu tidak memiliki utang tentu akan lebih tenang dan tentram. Dengan begitukamu bisa menabung lebih relistis dan lebih nyaman.

Tabungan Investasi
Kamu bisa menabung dalam bentuk investasi untuk menjaga nominalnya tidak jatuh misalnya dengan investasi emas. Harga jual emas cenderung stabil, karena tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi. Jika waktu investasinya sejalan dengan rencanamu untuk membeli rumah maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menabung dalam bentuk emas. Bila berminat, ketahui dan pelajari proseurnya agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari. Sanat disarankan untuk investasi emas dalam bentuk logam mulia bukan dalambentuk perhiasan. Karena perhiasan cenderung memiliki berat emas yang tidak sesuai dan bisa saja berubah – ubah atau dimanipulasi.

Pantau Pengeluaran
Masalah pengeluaran ini sangat perlu untuk kita cermati dan hitung baik – baik, meskipun begitu bukan lantas menjadikan kita pelit. Dengan menghitung teliti dan cermay kita akan mudah untuk menghindari kebiasaan buruk kalap mengeluarkan sejumlah uang tanpa berpikir dan perhitungan yang jelas. Ingat bahkan satu rupiah pun akan sangat berharga bila kamu kumpulkan dalam waktu yang cukup lama. Hitung setiap rupian dengan teliti.

Mulai Hidup Lebih Irit
Biasakan diri untuk hidup lebih hemat dengan mengeluarkan lebih sedikit uang. Hal ini akan membuat uang yang kita dapatkan bisa dialokasikan dengan maksimal untuk keperluan dan kebutuhan kita. Belanjalah dengan cermat dan teliti. Catat semua kebutuhan sebelum kamu pergi belanja agar kamu memiliki acuan dan tidak membeli benda – benda yang tidak perlu. Bawa uang secukupnya atau tidak berlebihan, agar kamu sadar dan tidak denganmudah memakai uang yang kamu bawa.

Kegiatan menabung untuk membeli rumah ini memang memerlukan waktu yang tidak sedikit denga pengorbanan yang tidakmudah pula. Sejlan dengan harga rumah di Jakarta yang terus naik, kemungkinan target tabungan kita pun akan berubah seriring berjlannya waktu. Namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menundanya. Lakukan saat ini juga demi mendapatkan financial freedom di masa depan.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Oskar Glauber
AUTHOR
9 November 2017 12.21 delete

It's going to be ending of mine day, but before finish I am reading this enormous piece of writing to increase my know-how. pnc bank online banking

Reply
avatar