Persiapan Mental dan fisik menjalani ibadah umroh

foto:menatahidup.com
Asslamualaikum wr wb
Persiapan Umroh dengan berlatih fisik

Sebelum kita berangkat umroh, alangkah baik nya kita mempersiapkan matang matang dari segi fisik, maupun mental kita agar kita mendapatkan ibadah yang tenang, dan ibadah yang sempurna di sisi ALLAH SWT ,
Niat adalah ujung tombak kita dalam semua hal, termasuk ibadah kepada ALLAH SWT,
Bukan niat untuk mendapatkan gelar ataupun kehormatan, tetapi hanya mengharapkan ridho ALLAH SWT, Bukan pula berharap agar diberikan rejeki dan kehidupan yang lebih baik setelah berumroh karena hal tersebut hanya Allah yang Maha Mengetahui setiap hati para ummat nya, dan maha memberi rizqi kepada setiap mahluk di muka bumi ini,
bertaubat kepada Allah SWT, adalah salah satu kunci kita agar dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu , jauhkan lah diri dari sikap iri dengki riya’dan takabur.

Agar kita senantiasa mendapat kemudahan pada saat menjalankan ibadah nanti. Maka jagalah ucapan, prilaku yang tidak baik, ataupun memutus tali silaturrahmi kepada setiap muslim, maupun kerabat kita.

Hampir semua ibadah haji dan umrah sangat memerlukan keadaan fisik terutama perbedaan suhu disana dengan suhu di tempat kita , serta banyak mengandalkan jalan kaki seperti saat wukuf (haji), thawaf dan sa’i.
Usahakan sebelum berangkat umroh atau haji, Anda telah banyak berolah raga dengan berjalan kaki. Selain itu pada penginapan kita jarak masjid di Mekkah cukup jauh.

Sebelum berangkat haji atau umroh, Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan air, agar tubuh kita selalu fit saat menjalani ibadah disana, Kita juga disarankan untuk mempersiapkan obat-obatan untuk gejala-gejala penyakit ringan bagi diri sendiri seperti obat diare, minyak angin, atau minyak gosok, Obat influenza dan lain-lain yang ditempatkan dalam satu kotak P3K yang praktis dan mudah dibawa.

Yang juga sangat penting untuk anda dapat terhubung dengan keluarga Anda di tanah air ialah alat komunikasi. Selain itu Berdoalah dan meminta restu kepada orang-orang kepada orang tua dan kerabat maupun tetangga kita, agar perjalanan ibadah anda lancar.

Sebelum Anda berangkat, pastikan keadaan dapur dan tanggung jawab kepada keluarga di rumah terpenuhi dan tercukupi, agar selama kita beribadah tidak ada keraguan lagi untuk memikirkan urusan rumah, ataupun keluarga,

Demikian informasi tentang persiapan baik fisik, mental dan spiritual yang harus Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan dapat mencapai haji atau umroh yang mabrur. Aamiin.

Wassalaamualaikum. Wr. wb
Previous
Next Post »