Cara Cepat Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Saat bayi mengalami perut kembung, Anda harus bisa mengatasi perut kembung pada bayi dengan cepat. Sebab, jika tidak bayi Anda akan rewel dan terus-menerus menangis sampai kondisinya pulih kembali. Tapi, sebelum mengobati Anda perlu mengetahui tanda perut kembung pada bayi. Sehingga, apa langkah yang Anda ambil tepat dan tidak menimbulkan efek samping.

Sebetulnya, perut kembung wajar dialami oleh bayi usia 3-4 bulan karena sistem pencernaannya belum berfungsi secara sempurna. Jika bayi Anda menangis dan rewel tanpa alasan jelas, periksalah bagian perutnya. Kalau tersa keras dan buang angin beberapa kali, berarti perutnya memang kembung. Jika seperti itu yang dirasakan maka gunakan cara ini untuk mengatasinya!
foto:merries.com
Cara mengatasi perut kembung pada bayi
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi, diantaranya sebagai berikut :

Cara pertama
Setelah bagi minum susu, maka gendonglah dengan posisis terlentang. Kemudian, angkat kedua kakinga dan gerakkan seperti saat mengendarai sepeda. Gerakan ini mampu memicu pengeluaran gas dari perut bayi. Secara perlahan bayi Anda akan nyaman kembali dan tenang. 

Cara yang kedua
Tidurkanlah bayi pada posisi terlentang. Lalu, pijatlah perlahan bagian perut bayi Anda searah jarum jam. Fungsi pijatan ini sama seperti gerakan di atas yakni membantu mengeluarkan gas pada perut. 

Cara ketiga
Mengatasi perut kembung pada bayi juga bisa dilakukan dengan cara mengusap-usap punggungnya. Ketika melakukannya, letakkan bayi Anda pada kedua paha Anda dengan posisi tubuh telungkup.
Setelah berhasil meredakannya, selanjutnya Anda mesti tahu cara mencegah perut kembung pada bayi. Caranya sangat mudah yaitu setelah bayi Anda minum susu, gendonglah pada pisisi tegak. Sehingga susu bisa masuk ke dalam perut dengan lancar dan tidak menyebabkan gangguan pada perut lagi. 

Jangan biarkan bayi Anda terlalu lapar karena bisa mengakibatkan perut kembung. Sebaiknya, susui bayi sebelum merasakan lapar. Cara ini efektif meminimalisir terjadinya perut kembung yang disebabkan oleh masuk angin. Namun, terkadang perut kembung pada bayi merupakan gejala penyakit pencernaan yang serius dan membutuhkan pengobatan dokter. 

Untuk itu, waspada jika bayi Anda rewel yang sulit ditenangkan, sulit BAB, muntah dan demam. Segera periksakan ke dokter apabila sakit pada bayi tidak bisa diatasi. Jadilah orang tua yang cerdas dan bijak untuk bayi Anda.
Previous
Next Post »